Pengiriman Uang (Transfer) Dalam Valuta Rupiah

BAB II

PENGIRIMAN UANG (TRANSFER) DALAM NEGERI

Salah satu jasa dalam dunia perbankan yang banyak dipergunakan oleh masyarakat adalah pengiriman uang (transfer) baik yang dilakukan dengan kawat ataupun secara tertulis. Karena transfer uang dapat dilakukan baik di dalam negeri maupun ke luar negeri yang dapat dilaksanakan dalam valuta asing dan rupiah. Pembahasan pada bab ini dibatasai pada transfer dalam negeri yang menyangkut valuta rupiah.

Transfer adalah suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan seseorang yang ditunjuk sebagai penerima transfer (beneficiary).

Pengiriman uang dibagikan menjadi dua macam transaksi : pengiriman uang keluar (transfer keluar) dimana bank pelaksana bersifat aktif dan pengiriman uang masuk (transfer masuk) dimana bank pembayar transfer bersifat pasif. Baik transfer uang keluar atau masuk akan mengakibatkan adanya hubungan antar cabang yang sifatnya timbal balik (reciprocal), artinya bila satu cabang men-debet cabang lainnya akan mengkredit.

2.1  Transfer Keluar

Salah satu jenis pengiriman uang yang dapat menyederhanakan lalu lintas pembayaran adalah dengan pengiriman uang keluar (transfer keluar). Media untuk melakukan transfer ini adalah secara tertulis (mail transfer) ataupun melalui kawat (wire transfer).

Pengamanan dalam transfer keluar ini adalah kode rahasia seperti nomor test dari setiap transfer masuk dan keluar. Apabila terjadi kesalahan dalam nomor test, pada prinsipnya transfer tersebut harus ditolak.

Keuntungan bagi bank yang melaksanakan transfer keluar adalah sebagai sarana untuk menciptakan pendapatan dalam bentuk komisi, peningkatan pelayanan kepada para nasabah, peningkatan pangsa pasar bank, dan segi promosi lainnya.

Pengiriman uang dilakukan oleh bank dengan cara memerintahkan cabang lain untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada beneficiary (orang yang berhak menerima transfer) yang berdomisili di kota tertentu. Dengan demikian terjadi hubungan antar kantor antara cabang pemberi amanat dan pembayar transfer.

Sebagai contoh apabila seorang nasabah Bank Omega cabang Jakarta Tn. Kadir hendak mengirim uang dengan kawat kepada seorang rekannya nasabah giro Bank Omega-cabang Bandung sebesar Rp 6.000.000,00. Untuk jasa ini Tn. Kadir dikenakan komisi transfer Rp 10.000,00 dan ongkos kawat sebesar Rp 15.000,00. Pembayaran dilakukan dengan menarik selembar cek giro termasuk seluruh biaya dan komisi. Pada saat menerima amanat ini, Bank Omega-Jakarta akan membukukan :

D : Giro – Rekening Tn. Kadir                                                           Rp  6.000.000,00K : Pendapatan Komisi Transfer                                                         Rp       10.000,00

K : Pendapatan Ongkos Kawat                                                          Rp       15.000,00

K : RAK – Cabang Bandung                                                              Rp  6.000.000,00

Contoh lain, apabila Tn. Laksono hendak mengirim uang secara tertulis kepada seorang rekannya di cabang Surabaya sebesar Rp 20.000.000,00. Komisi dikenakan sebesar Rp 10.000,00. Pembayaran dilakukan denga tunai Rp 10.000.000,00, cek Bank BCA – Jakarta Rp 5.000.000,00, dan atas beban rekening tabungan Bank Omega – cabang Jakarta sisanya. Bank Omega cabang Jakarta akan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Dalam hal penyetoran dengan warkat campuran termasuk warkat kliring akan ditampung seluruh setoran non-kliring dalam rekening hutang lainnya. Kemudian rekening hutang lainnya harus segera dinihilkan sewaktu kliring tersebut dinyatakan berhasil. Ayat jurnal untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut :

D : Kas                                                                                                Rp  10.000.000,00D : Tabungan-Rekening Tn. Laksono                                                 Rp    5.010.000,00

D : BI-Giro                                                                                         Rp    5.000.000,00

K : Hutang Lainnya                                                                            Rp  20.000.000,00

K : Pendapatan Komisi Transfer                                                         Rp         10.000,00

Bila kliring dinyatakan berhasil ;

D : Hutang Lainnya                                                                            Rp  20.000.000,00K : RAK- Cabang Surabaya                                                               Rp  20.000.000,00

 Download Full

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: