Inkaso Dalam Negeri

BAB II

INKASO DALAM NEGERI

2.1. Pengertian Inkaso

Inkaso adalah layanan untuk menagih pembayaran atas surat/dokumen berharga kepada pihak ke tiga di tempat/kota lain di dalam negeri. Surat/dokumen berharga yang dapat diinkasokan adalah wesel/draft, cek bilyet giro, kuitansi, surat promes/aksep dan hadiah undian.

Inkaso merupakan kegiatan jasa bank untuk melakukan amanat dari pihak ketiga berupa penagihan sejumlah kepada seseorang atau badan tertentu di kota lain yang telah di tunjuk si pemberi amanat.

Ditinjau dari segi waktu, kegiatan inkaso memerlukan waktu beberapa hari tergantung dari jarak bank yang menerbitkan warkat tersebut. Dengan demikian bagi inkaso yang telah diterima hasilnya akan merupakan pengendapan dana bagi bank selama ia belum dicairkan oleh si pemberi amanat.

2.2. Warkat Inkaso

Warkat-warkat yang dapat di inkasokan terdiri dari :

  1. Warkat inkaso tanpa lampiran

Yaitu warkat-warkat inkaso yang tidak dilampiri dengan dokumen- dokumen apapun seperti cek, bilyet giro, wesel dan surat berharga lainnya.

  1. Warkat inkaso dengan lampiran

Yaitu warkat-warkat inkaso yang dilampirkan dengan dokumen-dokumen lainnya seperti kwitansi, faktur, polis asuransi, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Inkaso dilakukan antar cabang dari bank yang sama atau bank lain dimana inkaso dilakukan melalui cabang bank sendiri yang beralokasi pada kota yang sama dengan bank tertarik. Dalam proses inkaso, akan tercipta hubungan antar kantor antar cabang pemberi amanat dan cabang penerima amanat yang akan langsung menghubungi bank tertarik.


2.3. Manfaat Inkaso

Keberadaan inkaso tentu memiliki manfaat tersendiri,adapun manfaat dari penggunaan inkaso yaitu:

  • Membantu lebih efektif dan efisien dalam penyelesaian tagihan antar kota.
  • Lebih bonafid dan nasabah memiliki reputasi yang lebih jelas.

2.4. Jenis Inkaso

  1. Inkaso Keluar

Merupakan kegiatan untuk menagih suatu warkat yang telah diterbitkan oleh nasabah bank lain. Disini bank menerima amanat dari nasabahnya sendiri untuk menagih warkat tersebut kepada seseorang nasabah bank lain       dikota lain.

Pada inkaso keluar, transaksi ini bersifat bersyarat dan oleh sebab itu harus dibukukan dalam rekening administratif, artinya bank akan membayar sejumlah uang  kepada si pemberi amanat, dalam hal ini nasabah, apabila hasil inakso dinyatakan berhasil. Dengan demikian, rekening administratif  akan muncul disebelah kredit.

Dalam kegiatan inkaso keluar, seluruh transaksi sebelum diperoleh kepastian berhasil atau tidaknya akan dibukukan dalam rekening administratif sebelah kredit dalam rekening warkat inakso yang diterima. Rekening ini akan tetap outstanding  sampai inkaso ini dinyatakan berhasil.

Sebagai contoh apabila Tn Bambang, nasabah giro Bank Omega cabang Jakarta, menyerahkan selembar giro yang diterbitkan oleh seseorang nasabah Bank Omega-Bandung sebesar Rp. 45.000.000 untuk ditagihkan ke cabang Bandung dan hasilnya agar dikreditkan kedalam rekeningnya. Komisi ditetapkan sebesar 0,25%. Pada saat menerima warkatuntuk diinkaso ke Cabang Bandung, Bank Omega – Jakarta akan membukukan :

K : Rekening Administratfi Rupiah –

Warkat Inkaso Yang Diterima                                                       Rp. 45.000.000

 

 

 

Apabila seminggu kemudian diterima berita perkawat bahwa inkaso dinyatakan berhasil dan untuk itu nasabah dikenai ongkos kawat sebesar Rp 10.000 , oleh Bank Omega-Cabang Jakarta akan dibukukan sebagai berikut:

D:  Rekening administrative rupiah-

warkat inkaso yang diterima                                             Rp45.000.000

D: RAK – Cabang Bandung                                                  Rp 45.000.000

K: Giro – Tn. Bambang                                                          Rp 44.877.500

K: Pendapatan komisi inkaso                                                  Rp      122.500

K: Pendapatan ongkos kawat                                                 Rp        10.000

Hasil inkaso tersebut langsung dibukukan  kedalam rekening nasabah setelah inkaso dinyatakan berhasil. Bagi inkaso yang dilakukan untuk kepentingan bukan nasabah bank, hasil inkaso dapat ditampung dalam rekening Hasil Inkaso yang Dapat Dibayar, dimana rekening ini akan outsanding hingga so pemberi amanat  datang untuk mencairkan hasil inkaso tersebut.

Download Full

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: