Matriks BCG (Boston Consulting Group)

BAB 1

PENDAHULUAN

 

  1. A.    PENGERTIAN MATRIKS BCG

            Konsep BCG merupakan kurva pengalaman berkembang selama tahun  1960-an ke dalam model portofolio  yang menghubungkan  matrik pertumbuhan & pangsa.  Matrik pertumbuhan & pangsa  BCG, karena  keduanya  sederhana  dan dengan mudah dapat dihitung, adalah sebuah manfaat langkah pertama di dalam analisa portofolio. Ini mendukung  bahwa sebuah  analisa pasar paling baik dapat diringkas  dengan mengetahui angka pertumbuhannya dan penunjukan  ringkasan terbaik  dari kekuatan perusahaan di pasar adalah pangsa  pasar relatifnya.

Matriks Boston Consulting Group (BCG) secara grafis menunjukkan perbedaan diantara berbagai divisi dalam posisi pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan industri. Matriks BCG juga memungkinkan organisasi multidivisi untuk mengelola portofolio bisnisnya dengan mempertimbangkan posisi pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan industri dari masing-masing divisi relatif terhadap divisi lain dengan organisasi.

Dengan matriks BCG dalam matriks BCG setiap lingkaran mewakili sebuah produk atau merk. Ukuran lingkaran menunjukkan volume penjualan produk. Sebuah “tanda tanya”  memiliki potensi menjadi  “bintang” dimasa depan jika dikembangkan. Sebuah perusahaan harus memiliki portofolio yang seimbang, agar dapat tetap bertahan. Oleh karena itu perusahaan setidaknya harus memiliki satu “sapi perahan” yang dapat menghasilkan pendapatan dan dapat digunakan untuk mengembangkan satu atau lebih “tanda tanya”.

Tujuan keseluruhan dari penggunaan BCG matriks memahami pasar, optimasi portofolio dan alokasi sumber daya yang efektif. Untuk memahami matriks BCG kita perlu memahami bagaimana pangsa pasar dan pertumbuhan pasar saling berhubungan. Pangsa pasar adalah persentase dari total pasar yang sedang dilayani oleh perusahaan, diukur baik dalam hal pendapatan atau istilah satuan volume. Semakin tinggi pangsa pasar, semakin tinggi proposi pasar yang kan dikontrol.

Matriks Boston mengasumsikan bahwa jika kita menikmati pangsa pasar yang tinggi kita akan menghasilkan uang. Pertumbuhan pasar digunakan sebagai ukuran dari daya tarik pasar ini. Pasar mengalami pertumbuhan tinggi yang mana total pasar berkembang, yang berarti bahwa itu relatif mudah bagi bisnis untuk tumbuh keuntungan mereka, bahkan jika pangsa pasar mereka tetap stabil. Sebaliknya persaingan dipasar pertumbuhan yang rendah sering pahit, dan sementara mungkin pangsa pasar yang tinggi sekarang, mungkin sulit untuk mempertahankan bahwa pangsa pasar tanpa diskon agresif. Hal ini membuat pertumbuhan pasar yang rendah kurang menarik.

Download Full

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: