Pengertian dan jenis Kliring (makalah)

BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. Pengertian Kliring

Ada beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian kliring, diantaranya:

  1. Menurut kamus Bahasa Indonesia kata kliring berasal dari bahasa inggris to clear (clearing) yang berarti membersihkan hutang-piutang antar bank yang terjadi pada hari itu. Jadi kliring adalah tatacara hutang-piutang dalam bentuk surat-surat dagang dan surat-surat berharga antara bank-bank peserta kliring dengan maksud agar perhitungan hutang-piutang itu terselenggara secara mudah, cepat, dan aman.
  2. Menurut Ir.Ade Arthesa (2006: 97) Kliring adalah sarana perhitungan warkat antarbank yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) dengan tujuan memperluas dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral.
  3. Menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan kliring adalah proses perhitungan pelunasan dan pertukaran warkat-warkat kliring antar bank anggota yang dikoordinasi Bank Indonesia.

Pelaksanaan perhitungan hutang-piutang itu diatur oleh suatu lembaga berada di bawah Bank Indonesia yang disebut Lembaga Kliring. Kliring diadakan di tempat-tempat dimana ada Bank Indonesia dan berdasarkan keadaan setempat memerlukan dan memenuhi persyaratan untuk diselenggarakannya kliring.

Surat-surat dagang dan surat-surat berharga yang dikliringkan adalah cek-cek, wesel-wesel, bilyet-bilyet giro, bukti-bukti penerimaan transfer dari berbagai kota yang dikeluarkan oleh bank, nota-nota kredit dan surat-surat lainnya yang semuanya dinyatakan dalam mata uang rupiah dan menurut pimpinan Lembaga Kliring dapat diperhitungkan melalui  kliring.

Semua warkat kliring tersebut diwajibkan kepada bank-bank peserta kliring setempat untuk dilakukan perhitungan dalam kl iring. Surat-surat yang dikeluarkan oleh bank yang tidak menjadi peserta tidak diperkenakan untuk diperhitungkan dalam kliring.

  1. Tujuan Kliring

Tujuan dilaksanakan kliring oleh Bank Indonesia antara lain :

  1. Memajukan dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral
  2. Perhitungan penyelesaian utang piutang dapat dilakukan dengan lebih mudah, aman dan efisien
  3. Salah satu pelayanan bank kepada nasabah
  1. Syarat-syarat Kliring

Setiap bank yang telah memperoleh izin usaha bank umum dan berkedudukan di kota di mana diadakan perhitungan klring diwajiban ikut serta dalam kliring setempat, yang diharuskan pula memenuhi beberapa persyaratan.

Bagi kantor pusat suatu bank, sekurang-kurangnya telah melakukan usaha dengan izin Menteri Keuangan selama 3 bulan. Berdasarkan penilaian Bank Indonesia,keadaan administrasi pimpinan dan keuangan bank tersebut memungkinkan memenuhi kewajibannya dalam kliring. Kemudian, simpanan masyarakat dalam bentuk giro pada bank tersebut telah mencapai jumlah sekurang-kurangnya 20% dari syarat modal yang disetor minimum bagi pendirian bank baru di suatu daerah.

Sedangkan bagi cabang suatu bank yang berada dikota lain dari tempat kedudukan kantor pusatnya atau cabang lain, memiliki simpanan masyarakat berupa giro pada kantor pusat dan seluruh cabang-cabang telah mencapai jumlah sekurang-kurangnya sama dengan 20% dari syarat modal disetor minimum bagi pendirian bank baru didareah-daerah di mana kantor pusat dan kantor cabang-cabang yang bersangkutan berkedudukan.

Bagi cabang bank yang berada di kota yang sama dengan kantor pusat atau cabang lain, hanya ditetapkan syarat : cabang bank itu telah memperoleh izin usaha dari Menteri Keuangan.

Bank peserta kliring senantiasa wajib mempertahankan usahanya sehingga tetap memenuhi persyaratan tersebut. Penyertaan suatu bank dalam kliring harus mendapat izin dari Bank Indonesia dan penyertaan secara efektif akan diumumkan terlebih dulu oleh pimpinan Lembaga kliring tersebut. Sebelum ikut secara efektif dalam kliring, setiap bank peserta wajib menandatangani pernyataan bahwa dia tunduk kepada peraturan dan akan memenuhi semua kewajiban yang timbul karena penyertaan tersebut.

Download Full

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: