Penyertaan Saham

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1 Definisi Penyertaan

Penempatan dana perbankan dapat dilakukan pada aktiva jangka pendek  misalnya pada Sertifikat Bank Indonesia (SBI), commercial paper, kredit jangka pendek atau pada aktiva jangka panjang. Penempatan dana pada aktiva jangka pendek umumnya mempunyai tujuan yang sangat sederhana yaitu untuk memperoleh pendapatan dan memelihara likuiditas bank. Sedangkan penempatan jangka panjang  tidak sekedar untuk memperoleh pendapatan tapi bisa jadi untuk menyisihkan atau membentuk dana khusus, untuk mengendalikan perusahaan lain yang sahamnya dibeli, untuk mengurangi persaingan diantara perusahaan-perusahaan yang sejenis, untuk menguasai pangsa pasar  produk atau jasa perbankan tertentu atau mempunyai tujuan untuk menyelamatkan dana perbankan yang telah tertanam dalam bentuk kredit di perusahaan lain.

Penyertaan merupakan penanaman dana bank dalam bentuk saham perusahaan lain untuk tujuan investasi jangka panjang, ikut serta dalam perusahaan lain, penyelamatan kredit, mengendalikan perusahaan lain, menguasai pangsa pasar dan sebagainya. Namun penyertaan bank pada perusahaan-perusahaan ini sudah tidak boleh dilakukan kecuali pada lembaga keuangan dan penyertaan yang berasal dari penyelamatan kredit. Penyertaan dapat dilakukan pada perusahaan baru, artinya perusahaan yang akan beroperasi maupun perusahaan yang sedang/ sudah berjalan. Penyertaan saham oleh bank terhadap perusahaan lain menimbulkan hubungan antara bank yang menguasai/ membeli saham dengan perusahaan yang dibeli sahamnya. Hubungan ini sering diterjemahkan antara perusahaan induk mengendalikan manajemen perusahaan anak. Perusahaan anak ini dari segi yuridis terlepas dari perusahaan induk, artinya perusahaan anak tersebut sebagai unit bisnis yang berdiri sendiri, namun dari segi ekonomis perusahaan anak dibawah pengelolaan satu manajemen perusahaan induk. Perspektif akuntansi untuk penyertaan lebih menitikberatkan pada aspek ekonomis.

Pada prinsipnya penyertaan saham dicatat sebesar harga perolehannya . Harga perolehan adalah harga yang dibutuhkan untuk mendapatkan saham. Harga perolehan diperhitungkan dari harga beli ditambah biaya-biaya lain untuk memperoleh saham tersebut.

Pencatatan penanaman dalam bentuk penyertaan ini dilakukan dengan dua cara: (1) equity method, dan (2) cost method. Kedua pencatatan ini akan berbeda satu sama lain. Pemilihan cara pencatatan ini akan dipengaruhi oleh besarnya investasi atau penyertaan yang dilakukan.

2.2 Perbedaan Equity dan Cost Method

2.2.1 Equity Method

Apabila suatu perusahaan mempunyai investasi dalam saham dengan hak suara pada perusahaan lain dalam jumlah yang memungkinkan perusahaan pemodal menguasai atau mempengaruhi perusahaan lain tersebut, maka equity method akan lebih mencerminkan hubungan ekonomis antara kedua perusahaan tersebut dibandingkan dengan cost method.

Dengan equity method, investasi dicatat sebesar harga perolehannya untuk kemudian didebet atau dikredit dengan bagian laba atau rugi perusahaan anak secara proposional. Dividen yang diterima dicatat mengurangi perkiraan investasi yang bersangkutan.

Penyertaan bank pada lembaga keuangan lain dengan pangsa lebih dari 20% serta penyertaan yang  berasal dari pengalihan kredit dicatat dengan equity method.

2.2.2 Cost Method

Dengan cost method,investasi dicatat sebesar harga perolehannya, sedangkan dividen yang diperoleh dicatat sebagai pendapatan lain-lain. Perkiraan investasi jangka panjang akan dikredit dalam hal terdapat peneimaan dividen yang merupakanpembagian keuntungan yang berasal dari laba yang ditahan dari periode sebelum penyertaan tersebut dilakukan atau jika perusahaan anak menderita kerugian yang sangat material yang menyebabkan penurunan aktiva dan rentabilitas investee.

Dalam hal dividen yang diterima dalam bentuk saham (dividen saham) tidak boleh dicatat sebagai penambah harga perolehanpenyertaan dan tidak diakui sebagai pendapatan.

Penyertaan bank pada lembaga keuangan lain dengan pangsa sampai dengan 20% akan dicatat dengan cost method.

Download Full

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: